RESEP KULIT RISOLES TAK GAMPANG SOBEK

Risoles adalah makanan khas Indonesia yang awalnya dipopulerkan oleh penjajah Belanda. Rasanya yang gurih nikmat, ternyata juga disukai oleh penduduk pribumi. Jadi tak heran jika sekarang risoles begitu populer di tengah masyarakat Indonesia.

Enak dihidangkan bersama teh hangat ataupun seduhan kopi. Apalagi ditengah rintik hujan. Hemmm…sedap…!

Sebenarnya cara membuat kulit risoles itu bukan barang baru bagi saya. Semenjak saya SD saya sering membantu ibu saya menyelesaikan pesanan risoles dan saya kebagian mencetak kulitnya tanpa tahu formula ukurannya. Namun sayangnya ketika saya remaja ibu sering sakit dan akhirnya wafat membuat saya jarang membuat kue lagi. Akhirnya hingga dewasa saya tak tahu formula kulit yang tepat itu seperti apa, beberapa kali mencoba, kulit risoles yang saya bikin selalu tebal dan pecah.

Alhamdulillah setelah sekian kali mengalami kegagalan, Alhamdulillah keberhasilan bisa saya tuai. Insha Allah dengan demikian, niat saya untuk membuka bisnis risoles frozen akan saya mulai.

Bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk membuat adonan kulit dan isi risoles, Anda cukup membeli risoles setengah matang siap goreng yang telah diawetkan dalam freezer. Untuk pengiriman luar kota maksimal 2 x 24 jam masih bisa dilayani dengan layanan paket kilat. Risoles dibuat tanpa bahan pengawet, hanya pada pengiriman, kemasan risoles frozen akan ditambah dengan ice gell agar risoles tetap segar dan tidak basi.

Bagi Anda yang ingin bisnis risoles frozen juga, akan saya bagi resep kulit risoles anti sobek yang ekonomis dan rasanya enak. Untuk isiannya terserah teman-teman memvariasikan, hal ini terkait juga masalah harga dan rasa.

Variasi, original sayuran, tuna-mayones, sosis-mayones, sayuran-beef, sayuran telur dll bisa teman-teman pilih. Untuk taburan luarnya, teman-teman bisa memilih tepung panir ataupun tepung roti.

Oh ya, uniknya adonan kulit risoles ini juga  bisa divariasikan menjadi kulit dadar gulung dengan mengubah komposisi air+susu dengan larutan santan + jus daun pandan. Adonan ini juga bisa divariasikan untuk dadar pisang coklat  dengan mengubah 50 gr tepung terigu dengan bubuk coklat dan tambahan pasta coklat.

BAHAN KULIT RISOLES:  (untuk 50 lembar kulit risoles)

500 gram tepung terigu segitiga biru

1 sachet susu bubuk Dancow putih

1 liter air matang dingin (bukan es)

1,5 sdm garam

4 sdm minyak goreng

2 butir telur ayam ukuran besar

1 sdt baking powder

CARA MEMBUAT :

  1. Campur semua bahan dengan mengocoknya menggunakan wishk, blender ataupun mixer. Anda bebas memilih alat pencampur adonan. Pastikan hasil kocokan tak ada yang menggumpal. Jika ada yang menggumpal jangan enggan untuk menyaringnya agar kulit bagus hasilnya dan mulus. Setelah tercampur, diamkan kira-kira 5 menit
  2. Sementara itu panaskan teflon. Saya memakai ukuran 20 cm persegi. Saat ini Anda juga bisa menggunakan wajan kwalik. Rata-rata dipasaran dijual ukuran 20 cm. Modelnya seperti teflon biasa, tapi yang dilapisi lapisan teflon, dibagian cembungannya. Posisinya seperti teflon terbalik. Pada dasarnya 2 alat ini sama saja,  kunci membuat kulit risoles yang tak gampang sobek yaitu Anda harus memanaskan panci teflon ataupun wajan kwalik itu terlebih dahulu sebelum Anda mencetak adonan risoles yang sudah Anda bikin. Anda tak perlu mengolesi minyak ataupun mentega sebelumnya. Jika sudah cukup panas, upayakan api dijaga tak terlalu besar, barulah adonan dituang di atas teflon dengan cara mengangkat teflon menjauhi api. Biasanya akan terdengar bunyi cess… tanda teflon panasnya bagus.  Satu lembar kulit, saya memakai 3/4 centong sayur kayu adonan. Ratakan adonan jauh dari api. Jika sudah rata baru taruh di atas api. Biarkan hingga adonan terlihat mengelupas dari teflon, lalu langsung taruh di atas nampan tanpa mengaturnya/menatanya. Kulit yang masih panas cenderung gampang robek, jadi tunggulah hingga kulit agak dingin untuk menatanya atau merapikannya. 
  3. Posisikan kulit yang menempel di panci teflon di dasar saat mengisi dengan isian risol seperti raughot, ataupun sosis-telur-mayones. Biasanya kulit yang bagian bawah ada lubang-lubang kecilnya, sehingga jika dibuat dadar gulung juga cantik.
  4.  Jika kulit risoles sudah digulung, balut dengan kocokan telur dan tepung roti atau tepung panir.                                
  5. Goreng dalam rendaman minyak dengan api sedang. Angkat saat sudah kering kecoklatan. Selamat menikmati…

 

 

2 thoughts on “RESEP KULIT RISOLES TAK GAMPANG SOBEK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *