MENGOBATI KEPUTIHAN DENGAN YOGHURT ? MUNGKINKAH?

Yogurt atau juga dikenal sebagai yougurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi  bakteri. Yogurt dapat dibuat dari susu apa saja termasuk susu yang terbuat dari sari kacang kedelai atau kacang-kacangan yang lain, namun produksi secara pabrik besar mayoritas menggunakan bahan susu sapi.

Untuk membuat yogurt yang kental, harus dilaukan fermentasi  gula, susu atau laktosa  supaya menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti jel dan aroma unik pada yogurt. Namun pada perkembangannya yogurt dipasarkan dengan beraneka macam rasa seperti rasa alami rasa buah rasa vanila rasa coklat dan lain-lain.

Sejak abad ketiga sebelum Masehi atau sedikitnya sejak 4500 tahun lalu yogurt secara tidak sengaja terfermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar yang nomadendan  mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 Masehi dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7.

Yogurt dipercaya sebagai obati wabah diare yang mematikan lewat info seorang sekutu bangsa Perancis, sedangkan saat itu tidak ada satupun dokter Perancis yang mampu menyembuhkan.

Hingga tahun 1900 yogurt menjadi makanan tetap masyarakat Asia Selatan Asia Tengah Asia barat Eropa Tenggara dan Eropa Tengah hingga akhirnya pada tahun 1919 Ilya Ilyich Mechnikov seorang ahli biologi asal Rusia menemukan bahwa konsumsi yogurt secara teratur yang dilakukann petani Bulgaria yg membuat rata-rata umur mereka panjang. Dia  mempercayai adanya lactobacillus yang penting untuk kesehatan dan mempopulerkan yogurt sebagai bahan makanan di Eropa.

Seorang bisnisman yang bernama Isaac Carasso membuat industri yogurt sehingga pada tahun 1919 dia memprduksi yogurt komersial di Barcelona dan menamakan bisnisnya Danone berdasarkan nama anaknya di merika Serikat. Dan pada tahun 1933 Radlicka Mlekarna mematenkan produk yogurt di Praha.

Yogurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur yang dikontrol dan kondisi lingkungan dalam dalam. Produksi Industri bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa ke asaman yang meningkat menyebabkan protein susu untuk membuatnya padat. Dengan PH antara 4 – 5 keasamannya meningkat dan menghindari proliferasi bakteri patogen yang potensial.

Yogurt kaya akan protein beberapa vitamin B dan mineral yang penting bagi tubuh yogurt juga memiliki lemak yang setara dengan susu yang menjadi bahan nya yogurt bisa dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu karena struktur laktosa yogurt telah dirusak oleh bakteri.

Nah sebagian kita pasti tahu bahwa yogurt selama ini dikenal sebagai susu fermentasi adalah  minuman yang menyehatkan. Beberapa  iklan  merk  yogurt mengklaim bahwa yogurt adalah minuman untuk menyehatkan usus.

Keputihan pada wanita sebenarnya adalah kondisi alami dan pada dasarnya semua wanita pasti pernah mengalami yang namanya keputihan.  Keputihan sebenarnya berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi saat mengalami keputihan seorang wanita akan mengeluarkan lendir dari vaginanya.

Lendir yang diproduksi oleh leher rahim dan kelenjar dalam vagina akan keluar dengan membawa sel-sel mati serta bakteri jumlah warna serta kekentalan lendir karena keputihan tergantung pada siklus menstruasi yang dialami tiap wanita lendir yang normal.

Umumnya lendir yang dikeluarkan berwarna bening hingga keputih-putihan tidak berbau dan tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah vagina. Keputihan yang tidak normal umumnya terjadi karena infeksi kondisi. Ini juga terkadang dapat menjadi indikasi dari penyakit-penyakit tertentu sehingga sebaiknya diwaspadai.

Berbagai obat keputihan banyak beredar dan dimanfaatkan untuk mengobati keputihan. Namun tak banyak yang tahu, dunia medis akhir-akhir ini juga ternyata menemukan  manfaat lain yogurt selain sebagai minuman penyehat usus.  Ternyata yoghurt kini juga mampu meringankan keluhan penyakit keputihan.

Tentu caranya sedikit berbeda jika untuk memperbaiki fungsi usus yogurt diminum secara teratur, sedangkan untuk memperbaiki keluhan penyakit keputihan selain menjaga kebersihan daerah kewanitaan seorang penderita keputihan bisa menggunakan yogurt untuk cebok secara teratur. Pilihlah yogurt plain (tanpa gula)  yang kekentalannya kurang, bahkan cenderung cair.

Biasanya tak membutuhkan waktu lama untuk membuat keadaan kondisi keputihan membaik. Namun untuk kondisi-kondisi yang tak juga membaik sebaiknya Anda segera pergi ke dokter.

 

2 thoughts on “MENGOBATI KEPUTIHAN DENGAN YOGHURT ? MUNGKINKAH?

    1. Insha Allah aman. Bahkan beberapa teman yang bermasalah dengan keputihan mendapatkan resep ini dari dokternya. Pakainya yougurt plain / tawar ya…bukan yang bergula. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *