Belajar Bisnis Syariah Di Bulan Ramadan Bersama K-Link

Seminar Bisnis Syariah K-Link

Ramadan ini saya berkesempatan “Belajar Bisnis Syariah  bersama K-Link Indonesia”

Bulan Ramadhan adalah bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang penuh dengan segala kebaikan. Adalah wajar jika saat Ramadhan kita ‘mengejar dan berburu’ semua hal-hal yang baik. Kita bisa memperbanyak belajar dan kajian untuk memperdalam pengetahuan agama, untuk mengiringi amal ibadah kita selama satu bulan penuh.

K-Link merupakan salah satu perusahaan penjualan langsung terkemuka di Indonesia. Sejak dioperasikan pada tahun 2002, K-Link telah memiliki  pusat stokist di sejumlah kota besar di Indonesia, diantaranya Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan dan Batam.

Produk-produk K-Link terdiri dari suplemen kesehatan, kecantikan, perawatan tubuh, perawatan mbil dan rumah. K-Link menawarkan solusi untuk berbagai masalah kesehatan, kesejahteraan dan solusi untuk permasalahan kecantikan dan kesegaran tubuh Anda. Beberapa produk-produk favorit di kalangan customer seperti K-Liquid Chlorophyll, K-Omega Squa.

Saya sudah banyak merasakan manfaat berbagai produk K-Link dan bergabung sebagai membernya sejak 2009, lewat seorang kakak kost waktu kuliah dulu. Meskipun saya kurang aktif sebagai pemasar, saya masih aktif menggunakan berbagai produknya hingga kini.

Meskipun secara harga, produk-produk K-Link terkenal di  premium grade, saya tetap setia sebagai pemakai karena produknya memang terjaga kualitasnya dan tentu saja khasiatnya. Kebetulan saya setia memakai beberapa produk kesehatan, produk yang di launching K-Link di Indonesia sebelum jenis yang lainnya.

Saat ini ada 180 macam produk yang di-launching K-Link Indonesia. Produknya tentu alami, halal dan berkualitas tinggi.

Beberapa contoh produk K-Link

Mengapa Harus Bisnis Syariah?

Tahun 2009 tanpa ragu saya langsung meng-iyakan tawaran bergabung dengan K-Link MLM yang berasal dari negeri Malaysia dengan iming-iming bisnis ini halal dan sudah mendapat sertifikat jenis bisnis syariah.

Sebagai muslim, saya berusaha menjadikan Islam sebagai the way of life yang tak hanya mengatur masalah ritual atau hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan saja, tapi Islam mengatur semua sisi kehidupan manusia, termasuk masalah yang menyangkut sosial, politik, budaya, ekonomi dan bisnis.

Sepengetahuan saya, Islam menolak paham sekularisme yang membedakan antara urusan agama dengan urusan bukan agama. Bagi seorang muslim, semua kegiatan hidupnya diatur dan dikendalikan syariah.

Sikap, ucapan dan tindakan seorang muslim harus sesuai dengan syariah termasuk dalam berbisnis. Dengan kata lain, berbisnis juga harus sesuai dengan syariah, demikianlah kewajiban bagi seorang muslim.

Perintah menjalankan Islam secara utuh dala semua sisi kehidupan yang demikian ini merupakan implementasi dari firman Allah swt. dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 208.

ياايهاالذينامنوااذخلوافيالسلمكافةولاتتبعواخطواتاشيطانانه لكم عدومبين

Wahai orang-orang yang beriman, masuklah ke agama Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi kalian (QS.2:208)

Menurut Dato Dr H. MD Radzi Saleh -Presiden Direktur K-Link Indonesia. Jika Anda menginginkan kesuksesan maka tingkatkan produktivitas diri melalui jalan bisnis yang syariah.

Produktif dalam memperkenalkan K-Link kepada orang lain memperkenalkan produk produk K-Link, menjual produk produk K-Link serta produktif dalam memberikan testimoni atas keunggulan produk produk K-Link kepada orang-orang terdekat di sekitar Anda.

Peran Ulama Dalam Menjaga Bisnis Syariah.

Seperti kita ketahui, ulama adalah pewaris nabi, melalui kapasitas ilmu yang mereka miliki mengenai syariah. Ulama bisa memberikan solusi bagi bisnis yang dijalankan oleh ummat agar tetap sesuai syariah. Oleh karena itu, setiap lembaga bisnis yang mengumumkan sebagai lembaga bisnis syariah harus dikawal dan didampingi oleh Ulama yang ahli dalam bidang bisnis syariah.

Lembaga bisnis Syariah akan mendapatkan sertifikat Syariah dari DSN MUI ( Dewan Syariah nasional Majelis Ulama Indonesia).

Lembaga bisnis syariah yang telah mendapatkan sertifikat syariah akan dimonitor, didampingi dan dibimbing oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah) yang ditetapkan oleh DSN MUI.

Islam adalah ajaran agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasul untuk semua umat manusia yang ingin memperoleh kebahagiaan dunia akhirat. Syariah atau ajaran agama Islam itu dapat kita temukan di dalam Al-Quran dan hadits-hadits nabi Muhammad SAW.

Jika Al- Quran adalah firman Allah SWT maka hadits atau sunnah adalah setiap ucapan dan tindakan Rasulullah SAW juga sikap atau penetapan Rasul atas tindakan para sahabatnya.

Hadist Nabi pada umumnya merupakan penjelasan atas firman Allah SWT yang masih global oleh karena bisnis merupakan sesuatu yang terus berkembang maka pada kenyataannya banyak sekali perkembangan bisnis yang belum dijelaskan oleh Al Quran dan hadits secara tekstual.

Banyak sekali bentuk-bentuk bisnis yang memang belum ada ketika Rasulullah SAW yang masih hidup maka disinilah peran penting Ulama untuk menjelaskan apakah inovasi inovasi bisnis yang dilakukan oleh masyarakat itu halal atau tidak jika tidak halal maka tugas ulama adalah memberikan solusi agar umat tetap dapat berbisnis dengan cara yang modern tetapi halal modern tetapi sesuai dengan syariah.

Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi dan para nabi itu tidak mewariskan dinar dan dirham tetapi mewariskan ilmu. (HR. Abu Daud)

Kontribusi K-Link Dalam Bisnis Syariah

Bisnis syariah mulai diformalkan di Indonesia pada tahun 1990-an dengan berdirinya Bank Syariah yang berdiri atas keinginan masyarakat muslim di Indonesia dan disetujui oleh pemerintah.

Dari Bank Syariah, selanjutnya bisnis syariah di Indonesia berkembang dengan lahirnya Industri Keuangan Non Bank (IKNB) syariah seperti asuransi syariah, gadai syariah dan leasing syariah. Kemudian bisnis syariah bertambah luas dengan lahirnya pasar modal syariah.

Berangkat dari lembaga keuangan syariah yang berbentuk bank, IKNB dan pasar modal, saat ini bisnis syariah telah memasuki sektor-sektor lain seperti hotel  syariah dan juga Multi Level Marketing atau MLM Syariah.

Berbicara mengenai MLM Syariah K-Link merupakan salah satu pioner MLM syariah yang telah mendapatkan sertifikat syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) pada tahun 2009 dan telah diperpanjang dua kali yaitu pada tahun 2013 dan 2016. Meskipun K-Link bukan MLM yang pertama kali memperoleh sertifikat MLM Syariah dari DSN MUI tetapi Alhamdulillah mampu menjadi MLM syariah yang paling lama bertahan.

K-Link memiliki omset terbesar dibanding MLM syariah lainnya, memiliki member yang mencapai sekitar 2 juta orang serta memiliki gedung kantor sendiri di wilayah segitiga emas Jakarta, yaitu kawasan Jalan Gatot Subroto -Jakarta Selatan.

Berbisnis dalam Islam bisnis merupakan salah satu cara seseorang untuk memenuhi kebutuhan baik karena adanya pertukaran antara penjual dengan pembeli maupun karena adanya keuntungan dari jual beli.

Selain bisnis cara lain yang bisa biasa ditempuh seseorang untuk memenuhi kebutuhannya adalah dengan bekerja atau menjadi pegawai swasta maupun pegawai negeri.

Dari sekian banyak cara dalam memperoleh rezeki menekuni dunia industri dan terjun dalam bisnis merupakan profesi terbaik yang dianjurkan oleh Islam.

Sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadis berikut ini:

Dari Raffi Bin Khadij berkata: Ya Rasulullah usaha apakah yang paling baik?  Beliau menjawab: Pekerjaan seseorang dengan tangannya ( produksi atau industri) dan setiap jual beli yang mabrur (distribusi atau trading). HR. Ahmad

K-Link merupakan lembaga bisnis syariah, bergerak dalam penjualan produk-produk yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Dengan kesehatan kita dapat menjalankan ibadah dengan lebih baik dan sempurna. Dengan kesehatan kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan tenaga kita.

Sesungguhnya orang mukmin yang kuat lebih baik daripada seorang mukmin yang lemah. Bapak Dato Dr.H.MD.Radzi Saleh (CEO K-Link) diantara produk kesehatan yang dijual oleh K-Link adalah produk yang berasal dari bahan-bahan yang dianjurkan oleh syariah seperti : siwak, minyak zaitun , habbatussauda, madu, susu dan produk-produk lain yang bermanfaat bagi kesehatan terlebih lagi produk produk K-Link aman dikonsumsi dan yang pasti halal

Tahun 2017 ini, K-Link Indonesia terus menggenjot pertumbuhan bisnis. Sejumlah strategi dan inovasi telah disusun dalam rangka mengangkat kembali K-Link sebagai salah satu mitra terpercaya dalam mengembangkan bisnis mandiri ( langsung) dengan mengedepankan produk-produk berkualitas.

Bagi Anda yang berusia diatas 17 tahun yang ingin mandiri secara financial dan memiliki penghasilan yang bagus dengan memasarkan produk-produk kesehatan bermutu yang telah teruji, membangun jaringan, membantu Anda untuk dapat lebih cepat mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik.

K-Link membantu Anda mewujudkan impian Anda untuk menjadi  pemasar MLM yang handal dengan cara memberikan pelatihan kepemimpinan dan pemasaran terjadwal di seluruh daerah dan cepat mewujudkan impian anda untuk mendapat kesejahteraan yang lebih baik.

K-Link membantu anda menjadi seorang pemasar multilevel profesional yang handal, K-Link memberikan pelatihan – pelatihan pemasaran dan kepemimpinan yang terjadwal di seluruh daerah.

Sebagai bagian dari keluarga Indonesia, produk K-Link tentunya menjadi bagian dari kesehatan masyarakat Indonesia, demikian juga selama bulan Ramadan dan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Produk K-Link menjadi bagian dari keseharian keluarga Indonesia, mulai dari menjaga asupan sahur agar kuat berpuasa dan beribadah seharian penuh, mengantisipasi masalah-masalah kesehatan yang biasanya dihadapi saat berpuasa.

Produk K-Link juga dapat membantu Anda mengantisipasi masalah kesehatan selepas bersantap terlalu banyak hidangan hari raya, yaitu masalah kenaikan berat badan pasca hari raya Idul Fitri.

Sehubungan dengan maraknya paraktek Multi Level Marketing (MLM) illegal dan praktek money game serta riba, K-Link sebagai salah satu  bisnis yang menjalankan system MLM, pada tahun 2011 telah bersertifikat halal dari Dewan Syariah Nasinal dan mempunyai Dewan Pengawas Syariah tersendiri yang  khusus mengawasi dan mensupervisi praktik bisnis yang dilakukan K-Link sehingga membuat perasaan aman dan nyaman terutama bagi member muslim yang menjalankannnya.

Sertifikat MLM Syariah K-Link dari MUI

Ramadhan K-Link Festival dibuka pada hari Selasa, 6 Juni 2017 dibuka sejak pukul 10.00 dimulai dengan kegiatan bazzar, demo masak dengan produk K-Link dan tutorial hijab yang menggunakan pelengkap produk K-Link juga.

Bertempat di Gedung K-Link Tower di daerah Gatot Subroto, Jakarta Selatan, acara ini dihadiri oleh member K-Link dan masyarakat umum.

Rangkaian acara “K-Link Ramadan Festival” diakhiri dengan acara seminar  ‘Bersyariah bersama K-Link’ dengan pembicara Bapak Dato Dr.H.MD.Radzi Saleh (CEO K-Link) yang didampingi oleh Ustadz Sofwan Jauhari Lc. (Dewan Pengawas Syariah PT. K-Link Indonesia), serta beberapa Top Leader K-link seperti  SCA Triana Kurniati, RCA Hendri Rikianto dan RCA Tubagus A.Y. Acara ini dihadiri oleh para rekan Media dan blogger.

Seminar syariah ini juga berlangsung di beberapa kota besar selain Jakarta. Seminar ini dalam rangka sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat terkait adanya bisnis syariah.

K-Link Solusi Hidup Kita,

Menurut  Bapak Dato Dr.H.MD.Radzi Saleh (CEO K-Link) yang membuat K-Link bisa survive bahkan berkembang sekian lama karena K-Link bisa menjadi:

  1. Solusi Sehat, dengan produk-produk yang bermutu dan teruji secara klinis
  2. Solusi Sukses, dengan marketing plan yang fair dan achievable/dapat diraih
  3. Solusi Cantik, dengan produk-produk perawatan wajah dan tubuh serta karena wanita adalah tiang bangsa.

Terbentuknya Leader Beauty Club (LBC)

Sebagai upaya pelebaran sayap Bisnis K-Link mulai melirik pangsa pasar kaum wanita. Wanita dikenal sebagai pemangku keputusan untuk pembelian dalam keluarga.

K-Link memandang penting untuk memfokuskan segmen untuk pasar wanita. K-Link Indonesia memfasilitasi para wanita yang menjadi mitra K-Link dengan membentuk Leader Beauty Club (LBC) atau klub kecantikan leader wanita, yang fokus untuk produk-produk kecantikan, perawatan wajah dan tubuh dan kesehatan organ kewanitaan serta produk untuk meningkatan vitalltas dan kebugaran wanita dan menjadikan wanita meraih sehat, cantik dan sukses secara sekaligus.

LBC memberikan training, workshop dan seminar mengenai gizi keluarga, weight management, perawatan wajah dan tubuh (facial treatment dan body treatment) serta K-Link menawarkan salah satu alternatif ‘pekerjaan’ yang bisa dilakukan oleh wanita tanpa mengesampingkan peran mereka sebagai ibu dan ratu rumah tangga dan dapat dilakukan paruh waktu, juga memberikan penghasilan yang bagus.

”Pekerjaan” sebagai pemasar MLM profesional dapat menambah penghasilan untuk sang ibu. Memberdayakan wanita merupakan bagian dari memberdayakan keluarga sebagai elemen terkecil dan’ masyarakat. LBC ini memiliki program dan pelatihan yang teratur dan terjadwal di seluruh wilayah lndonesia. Melakukan seminar-seminar dengan membahas isu-isu yang menarik seperti kesadaran akan bahaya kanker serviks, pentingnya keharmonisan rumah tangga.

K-Link memiliki House of Beauty, salon kecantikan untuk perawatan wajah, tubuh dan kulit dengan menggunakan produk-produk K-Link. Di lantai 7 K-Link Tower Jakarta, Anda bisa mengikuti treatment kecantikan tanpa harus menjadi member K-Link dengan menggunakan skin care produksi K-Link.

Bulan Juli 2017, K-Link berencana akan meresmikan Rumah Cantik di Bandung. Konsep rumah yang merepresentasikan K-Link sebagai tempat yang akan menjadi semacam ‘base camp’ bagi para member K-Link untuk beraktivitas, prospecting, follow up dapat mengajak calon prospek untuk datang ke rumah cantik, ada display semua produk K-Link, tempat pelatihan dan tempat untuk facial treatment. Rumah cantik K-Link ini akan hadir di Ternate dan Jogjakarta setelah Bandung.

14 thoughts on “Belajar Bisnis Syariah Di Bulan Ramadan Bersama K-Link

  1. Awalnya aku pikir, K-Link ini MLM mainstream yang ngga punya sertifikat Halal. Ya, kaya kebanyakan MLM lain yang bikin banyak orang enggan gabung karena sistemnya yang hanya menguntungkan para uplinenya aja. Setelah tau, wah.. ternyata K-Link udah halal dengan konsep bisnis yang menguntungkan. Ngga cuma untung buat upline nya aja tapi buat para downlinenya juga.

  2. Baru tahu ada namanya MLM syariah. Pernah denger K-link sih, tapi kirain kayak MLM biasa, ngak ada label syariahnya. Baguslah, semoga ekonomi umat islam berjaya dengan MLM syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *