KLIS Primary – Sekolah Islam tingkat SD Berkualitas Internasional Hadir di Sentul Bogor

Sejak tahun 2005 saya menyandang status sebagai seorang guru, saat itu saya mengajar sebuah SD berkurikulum integral di Surabaya Jawa Timur. Hingga tahun 2012, saya masih aktif mengajar di lembaga pendidikan formal di daerah Jawa Timur.

Kesadaran orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya sangat menggembirakan. Tak sekedar memberikan pendidikan untuk kesiapan di dunia kerja. Tapi bagaimana anak bisa seimbang daya fikir dan dzikir sehingga siap menghadapi kehidupan ke depan yang tantangannya lebih besar dibanding yang dihadapi orang tuanya saat ini.

“Banyak orang khawatir meninggalkan anak-anaknya, bukan karena miskin bukan karena susah karena masalah rezeki dijamin Allah, karena semua yg bergerak dijamin rizkinya.” nasehat penceramah kondang Ustadz Abdul Somad (UAS).

Menurut ulama besar Sa’id Nursi dari Turki, “Ilmu-ilmu umum itu (sains) hanya akan menajamkan otaknya, hatinya akan tumpul, ia tidak mempunyai kepedulian sosial. Sedangkan ilmu-ilmu agama akan menajamkan hatinya namun dia akan kurang berfikir.”

Sedangkan Islam mengajarkan dalam penciptaan langit dan bumi adalah sebuah bentuk-bentuk ayat-ayat kauniyah (yang tertera di alam semesta), selain ayat-ayat kauliyah yang tertera dalam (kitab Al Qur’an) yang harus juga dipelajari. Wah… PR kita banyak ya, harus bisa memahami ayat kauliyah dan kauniyah Allah.

Pada hari Rabu, 10 April 2019, saya berkesempatan menghadiri soft launching Knowledge Link Intercultural School (KLIS) Primary yang bertempat di sekolah KLIS Primary, Jl. Pintu 3 Sentul Sirkuit, Bogor. Pada acara soft launching ini dimeriahkan dengan tausiyah oleh Ustadz Abdul Somad (UAS) dengan tema Islamic Parenting.

Tujuan digelarnya acara soft lauching dengan mengundang UAS sebagai penceramah salah satunya untuk memperkenalkan sekolah KLIS Primary dan memberi kesempatan kepada para orang tua untuk dapat melihat secara langsung fasiltas sekolah KLIS Primary. KLIS Primary merupakan sekolah international tingkat pendidikan dasar yang berbasis kurikulum Cambridge dan berbasiskan pendidikan agama Islam. Keren banget ya… ke depan, diharapkan anak-anak yang bersekolah di KLIS bisa menyeimbangkan daya fikir dan dzikir-nya dalam menghadapi kehidupan.

Sebagaimana kita tahu, pendidikan dasar yang baik dan terstruktur akan membentuk kerangka berpikir dan menjadi fondasi yang kuat untuk pendidikan anak tahap selanjutnya. Orang tua senantiasa mengharapkan anak-anaknya untuk tumbuh dan berkembang serta menjadi cerdas dan cendekia, sekolah dasar merupakan sekolah formal pertama, gerbang pengantar pendidikan seorang anak yang akan menjadi hal penting dalam perjalanan hidup seorang manusia. Apakah orang tua telah memilih sekolah yang tepat untuk anak-anak tersayang?

Seseorang yang belajar ataupun bekerja dengan suasana yang sangat menyenangkan akan memberikan hasil yang optimal daripada yang melakukannya dengan terpaksa. Belajar dalam suasana yang menyenangkan dalam lingkungan yang intercultural, fasilitas lengkap, menggunakan kurikulum international dapat memberikan stimulus yang luar biasa untuk kemajuan pendidikan anak.

Apakah Semua Sekolah International Itu Sama?
Tentu tidak, KLIS Primary merupakan jawaban dari penantian para orang tua akan kebutuhan sekolah international yang juga memberikan perhatian utama pada pendidikan agama Islam. Karena bagi KLIS Primary, siswa yang cerdas itu harus berkembang kecerdasan intektualnya sekaligus bagus pemahaman agama dan keterampilan membaca Al-Qur’annya.

Tujuan pendirian sekolah KLIS Primary ini adalah menjadi salah satu sekolah berkurikulum International yang menitikberatkan pada pendidikan Islam yang dapat mengantarkan siswa didik pada lingkungan intercultural, berwawasan International dan menjadi cendekia yang memahami nilai-nilai ajaran Islam sejak dini.

Pendidikan dasar merupakan elemen penting dari perjalanan belajar seorang siswa, pendidikan dasar yang baik akan memberikan fondasi yang kuat bagi siswa untuk pendidikan selanjutnya dan tentu saja akan ikut membentuk masa depan siswa didik.

 

Tingkat keberhasilan siswa dinilai secara progresif dengan tolak ukur penilaian: Progression Test (penilaian yang dilakukanoleh guru KLIS per matapelajaran), Checkpoint Tests (penilaian yang dilakukan Cambridge international Examiners), KLIS akan melakukan Junior Al Hafeez Test (minimum 2 juz) dan UASBN-Ujian Nasional.

Kerangka dasar yang membentuk proses belajar mengajar KLIS Primary yaitu :
1. Kelas SD berkurikulum Internatinal World Class Cambridge Primary Curriculum
2. World Language Studies
3. Islamic, Quranic Studies & Moral Education
4. Young Scientist Program
5. Social Studies & Life Skills
6. Physical Education & Endurance Skills

KLIS Primary dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang akan memberikan siswa didik pengalaman langsung karena KLIS Primary mengutamakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan sesuai dengan karakter siswa. Bagi siswi kelas 1-3 belum diwajibkan berjilbab saat proses belajar,  namun bagi kelas 4-6 kewajiban berjilbab sudah dikenakan pada siswi KLIS Primary.

Sekolah ini dilengkapi dengan perpustakaan, laboratorium komputer, kolam renang (wow, bikin saya tergoda nyebur), area bermain outdoor, lapangan sepak bola mini dan arena panahan, musholla, ruang music dengan alat musik yang lengkap , serta vocational area seperti dapur dan laundry, ruang kesehatan dan kantin. Saat ini KLIS belum menjadi boarding school, jadi area dapur dan laundry memang merupakan sebuah sarana anak-anak belajar untuk mandiri melakukan pekerjaan rumah. Dapur-nya bikin saya mupeng lengkap peralatannya, bisa jadi lupa diri jika saya memasak di sana.

Sebagai sekolah Internasional yang memiliki fasilitas lengkap, biaya pendidikan di KLIS lumayan terjangkau kalangan menengah ke atas. Dengan biaya belajar Rp.60.000.000,- per tahun diluar biaya buku dan seragam. Biaya belajar bisa diangsur beberapa kali. Untuk pendaftaran angkatan pertama ada diskon 30%, wah…dengan fasilitas memukau harganya ternyata terjangkau. Bagi siswa berprestasi dan kurang mampu, KLIS memberikan beasiswa jadi jangan khawatir.

Untuk info lebih lengkap Anda bisa menghubungi : www.klis.co.id
Facebook : Knowledge Link Intercultural School (KLIS) Primary
Instagram : @klis.primary_official
Alamat : KLIS Primary, Jl. Pintu 3 Sentul Sirkuit, Bogor. (KLIS posisinya tepat sebelah Puskesmas Sentul, Kabupaten Bogor)

Telepon : 087784698952

 

 

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *