NATUR HAIR SERIES RAWAT DAN JAGA KESEHATAN RAMBUT BERHIJAB

Awal mengenal hukum menutup aurat sejak akhir SMP membuat saya berusaha mengenakan hijab saat keluar rumah. Lambat laun bahkan saat di rumah sejak saya mengerti arti surat An-Nuur ayat 33, jika ada non mukhrim membuat saya juga akhirnya berusaha tetap berhijab meskipun di dalam rumah. Sehingga lambat laun saya terbiasa mengenakannya tanpa merasa berat ataupun merasa terganggu.

Alhamdulillah, saat itu saya tinggal di kota Blitar yang saat itu suhu udaranya relative dingin. Berhijab sepanjang hari-pun tak membuat saya tersiksa karena tak kepanasan. Gak tahu deh, jika saya mengawali itu semua di Jakarta. Dengan rumah tanpa AC, dan harus serumah dengan non mukhrim, hijab di kepala dipake terus sepanjang hari, panas gerah dan lembab. Hihihi…ini pengalaman saat harus serumah dengan ipar laki-laki, dan kami menyatu di pondok mertua indah lebih dari tiga tahun.

Nah, ngomong-ngomong tentang hijab yang dipakai sepanjang waktu dan efeknya terhadap kesehatan rambut bagaimana? Tentu bermasalah dong, apalagi saat pengantin baru, harus sering keramas. Saat itu saya belum punya hair dryer, masih tinggal serumah dengan ipar lelaki, dan kemerdekaan buat melepas hijab hanya di dalam kamar sempit, hingga seringkali rambut masih basah harus segera saya bungkus jilbab buat beraktivitas di dalam rumah. Belum lagi rambut jarang diangin-anginkan saat keringatan dengan udara panas Jakarta, nah kalau akhirnya rambut saya lepek bahkan berbau apek tentu tak salah dong.

Nah beberapa teman yang mulai berhijab ternyata mengeluhkan beberapa masalah rambut berikut ini :

  1. Lepek
  2. Berketombe
  3. Rambut berbau apek
  4. Rambut bercabang
  5. Rambut Rontok

Kalau boleh jujur, saya nyaris pernah mengalami semua masalah rambut yang saya sebutkan tadi, bahkan sekarang bertambah dengan permasalah uban. Hahaha… kalau ini mah karena faktr “U” yang tidak bisa dihindari, meskipun belum banyak banget, uban satu hingga dua helai sudah menghiasi mahkota rambut saya.

Meskipun saat ini belum terfikirkan untuk mewarnai rambut untuk menutup uban, karena kita tak disunnahkan mencabut uban. Nah  sejak ikut blogger gathering bersama Blogger Muslimah dan Natur series untuk perawatan rambut, membuat saya tak ragu  mewarnai rambut saya dengan cat rambut aneka rupa kecuali warna hitam tentunya karena haram kelak lho… Hihihi bukan sekarang. Pengen tetap tampil cantik di depan suami, dengan rambut diwarnai mengapa tidak? Sebab, produk natur series ternyata ikut merawat rambut yang diwarnai juga.

Bagi para jilbaber atau hijaber, kadang merasa tak perlu merawat rambutnya dengan seksama, seringnya pemakaian hijab sepanjang waktu hariannya membuat membuatnya abai merawat rambutnya. Malas menyisir rambut bisa menjadi awal dari masalah rambut lepek, belum lagi kalau berujung jadi malas keramas dan malas yang lainnya. Apalagi jika rambutnya panjang dan harus sering kali diikat agar tidak gerah. Hahaha…bisa jadi kayak anak-anak di Tengger yang berambut gimbal.

Terburu-buru saat keramas, membuat rambut belum bersih dibilas dari sisa shampo sehingga kulit kepala berketombe. Meskipun bisa jadi ketombe merupakan awal dari alergi, ataupun bentuk protes tubuh atas stress ternyata juga dipicu oleh zat tak alami yang dipakai di produk perawatan rambut.

Parahnya jika rambut rusak karena kepanasan, rambut bisa gampang patah dan bercabang. Shampoo anti ketombe yang saya pakai ternyata rata-rata tak mengandung conditioner, bahkan bagi rambut berketombe di beberapa produk perawatan rambut tidak disarankan memakai conditioner, jadi jangan salah kalau rambut saya agak susah diatur yang kadang berujung rontok.

Bertempat di warung kekinian Akademie Café di kawasan Bendungan Hilir Jakarta Pusat, anggota Blogger Muslimah dan tim Natur produk perawatan rambut mengadakan blogger gathering. Acara diawali dengan sharing season dari Brand Executive Manager Mbak Sarah dan Iecha dari Blogger Muslimah, dan disela-sela acara ada demo merias wajah dari Khansa MUA untuk wajah tampil cantik dan segar tanpa menor.

Mbak Sarah sempat mengangkat diskusi tentang kerontokan rambut, kerotokan rambut sebenarnya hal yang normal terjadi tiap hari-nya. Namun jika jumlahnya berlebihan maka harus segera disiasati agar kerontokan rambut tidak semakin banyak dengan cara kita harus mengetahui penyebab apa yang mengakibatkan kerontokan rambut.

Beberapa penyebab kerontokan rambut diantaranya adalah:

  1. Faktor dari luar rambut diantaranya bila dilakukan pengubahan gaya rambut dengan menggunakan bahan kimia. Misalnya diluruskan, dikeriting bahkan diwarnai. Paparan bahan kimia, sengatan matahari, polusi udara bahkan polusi di sekeliling kita akan berdampak pada kerusakan pada rambut.
  2. Faktor dalam rambut sendiri adalah karena adanya faktor gen, keturunan, hormon, stres dan penyakit yang mungkin diderita seseorang bisa menyebabkan rambut menjadi rontok.

Untuk memenuhi kebutuhan pada berbagai masalah kerontokan rambut maka Natur Hair Care terus menerus berinovasi mengembangkan konsep alami menjadi produk modern berbahan alami dan tentunya aman jika digunakan.

Nah ini ada beberapa produk dari Natur Hair Care : Natural Extract Shampo, Hair Mist, Conditioner – Hair Mask, Natural Extrac Hair Tonic dan Hair Serum.

Alhamdulillah blogger gathering yang diadakan blogger muslimah dan natur telah membuka cakrawala saya dalam perawatan rambut. Jika dulu saya waktu di kampung harus rela menanam lidah buaya untuk menjaga kesuburan rambut, atau kalau perlu menggunakan abu merang (daun padi kering), kini semuanya praktis dengan produk natur yang ternyata alami dan telah dikemas modern. Setelah 14 hari mencoba produk dari natur telah membawa perubahan yang cukup berarti pada rambut saya, saya ingin berbagi dengan Anda pembaca.

Kali ini, saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya memakai rangkaian perawatan rambut dari NATUR, yaitu Natur Shampoo Extract Aloe Vera, Natur Conditioner Extract Olive Oil and Aloe Vera dan Natur Hair Tonic Extract Aloe Vera.

Awalnya saya memakai Natur Natural Extra shampoo Aloe Vera. Sebenarnya ini bukan kali pertama, tapi jujur wanginya beda dengan yang saya pakai beberapa tahun lalu. Wanginya lembut dan bikin jatuh cinta, beda dengan dulu yang agak beraroma jamu.

Oh ya, busanya tidak banyak, setahu saya ini berarti produk ini tidak mengandung banyak bahan kimia buatan. Diklaim rangkaian produk Natur ini memiliki 90% bahan alami. Warna shampoo-nya coklat seperti gel, tapi teksturnya tidak terlalu cair tidak terlalu pekat juga.

Saat dipakai pertama kali tanpa conditioner memang terasa rambut agak kaku. Menurut mbak Sarah, itu merupakan proses detoksifikasi rambut dari berbagai bahan kimia dari produk sebelumnya. Insha Allah setelah pemakaian beberapa kali, rambut akan lebih lembut dari biasanya.

Cara memakainya dengan menuangkan shampoo secukupnya pada tangan, busakan di tangan dan aplikasi pada rambut yang basah, pijat lembut kulit kepala secara perlahan selama 2-3 menit dan bilas hingga bersih. Bisa diulang jika perlu. Shampoo bisa digunakan setiap hari karena Natur Shampoo berbahan alami.

Setelah rambut dibilas, keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan tangan, sebaiknya tidak digosok dengan handuk, karena ini akan memperberat kerusakan rambut.

Nah, langkah selanjutnya adalah dengan saya memakai Natur Conditioner Extract Olive Oil and Aloe Vera ke batang rambut , selama proses pemakaian tercium harum yang menenangkan dari produk conditioner ini. Surprise seketika rambut menjadi mudah di atur. Setelah di diamkan beberapa saat sebelum terakhir dibilas. Hasilnya Masya Allah, selain rambut jadi harum, terasa lembut, beneran mudah diatur. Saat disisir rambut kusut jadi halus, tanpa harus bingung merapikan rambut kusut yang bikin macet sisir.

Tahap berikutnya adalah memberi conditioner pada rambut. Olive oil dan Aloe Vera di dalam conditioner ini mampu membantu memberikan nutrisi pada helaian rambut untuk menjaga kesuburan rambut sehingga rambut nampak lebat, halus, lembut, lembab dan mudah diatur.

Cara menggunakannya: Setelah keramas dengan Natur Shampoo Extract Aloe Vera, usapkan Natur Conditioner Olive Oil and Aloe Vera pada rambut hingga merata pada helai rambut. Bilas hingga bersih. Sebaiknya dkeringkan tidak menggunakan hair dryer dan hindari menggosok pakai handuk ya. Hal ini bisa  merusak rambut.

Langkah selanjutnya setelah rambut dikeringkan, saya memakai Natural Extract Hair Tonic Aloe Vera Extract di kulit kepala.dengan maksud memberi makanan pada rambut yaitu memberi perawatan untuk akar rambut agar bertambah kuat..

Nah, ternyata pemakaian Hair Tonic yang baik dan benar ada tekniknya tersendiri, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal.

Mbak  Sarah memberikan petunjuk pemakaian Hair Tonik yang benar sebagai berikut :

  1. Sebaiknya sebelum digunakan dikocok terlebih dahulu Natur Hair Tonic ini, karena  kandungannya Extract alami bisa tercampur merata.
  2. Tuangkan hair tonik ke kulit kepala mengikuti garis kulit kepala,berikann pijatan ringan di kulit kepala 2 – 3 menit, hal ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dikulit kepala. Rasanya di kulit kepala terasa dingin dan segar dan gak panas, ternyata ini disebabkan Natur Hair Tonic dibuat bebas dari alkohol. Beda hair tonic natur dengan merk lain yaitu rasa dingin di kulit kepala tidak berubah menjadi rasa panas. Rasa dingin itu bukan disebabkan alkohol, tetapi sebab adanya extract bahan alami tumbuhan.
  3. Ujung botol hair tonic ini bentuknya runcing jadi lebih aman, cairan gak gampang meluber kemana-mana
  4. Setelah pemakaian hair tonic tidak perlu dibilas lagi. Di kesempatan lain misalnya hingga berhari-hari tidak keramas, hair tonic bisa diulang pemakaiannya tiap hari. Rambut akan terasa halus lembut dan wangi. Akar rambut pun menjadi lebih kuat.

Khusus permasalahan rambut rontok kita bisa gunakan Natur Hair Tonic Ginseng. Fungsinya bisa membantu merawat kekuatan akar rambut dan kesehatan kulit kepala, Rambut menjadi tetap sehat dan kuat serta mengurangi rambut rontok.

Produk terbaru dari natur terdiri dari 2 varian olive oil dan vitamin E untuk rambut yang diwarnai, dan aloevera juga pro vitamin B5 untuk semua jenis baru.

Keunggulan :

  1. Mempunyai 2 wangi sweet vanilla dan french rose
  2. tidak lengket
  3. Bisa digunakan untuk kulit kepala
  4. Berfungsi tidak hanya menutrisi rambut tapi juga menjaga kesuburan rambut

 

Sejak nyaman mencoba selama 14 hari, saya tak ragu menggunakan produk Natur Hair Care yang sudah menjadi top brand sejak tahun 2007-2017 dan terbukti menyehatkan rambut dari akarnya. Satu hal lagi yang bikin tenang memakainya, produk Natur telah mendapat sertifikat Halal dari MUI.

Agar rambut sehat, tak lupa kita harus menjaga asupan makanan sehat bergizi juga. Produk Natur bisa dibeli di toko online atau supermarket di dekat rumah. Harganya cukup terjangkau, untuk rata-rata harganya sekitar Rp35000 saja. Paket perawatan rambut Natur sungguh bisa membantu penghematan karena  bisa merawat rambut sendiri di rumah.

Tips rambut sehat buat hijaber :

  1. Meskipun sering ditutupi, tetap rajinlah menyisir rambut. Jika perlu penyemangat boleh juga beli pita atau tali rambut yang cantik meskipun dipakai di balik hjab.
  2. Bagi para lajang, upayakan rajin keramas, minimal sepekan 2 kali
  3. Bagi yang menikah dan harus keramas nyaris tiap hari, upayakan keramas yang bersih dan tak tersisa banyak sisa shampo di kepala.
  4. Jika hobi berenang, jangan lupa keramas setelah  Karena kolam umum seringkali tak terjaga kehigienisan-nya
  5. Pakai produk perawatan rambut yang alami, seperti natur
  6. Gunakan conditioner setelah keramas setelah dibilas shampoo-nya
  7. Gunakan hair tonik secara teratur setiap hari agar rambut tercukupi nutrisinya.
  8. Jika rambut rusak parah, bolehlah perawatan ditambah dengan vitamin rambut bahkan masker rambut.
  9. Angin-anginkan rambut setelah keramas sebelum dipakaikan jilbab. Jika sudah terburu pakai jilbabnya, bolehlah gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Tapi jangan terlalu sering, karena panas hair dryer juga kurang baik buat rambut. Intinya membuangkus rambut basah dengan hijab tak sehat buat rambut.
  10. Upayakan melepas jilbab dan menguraikan rambut sebelum tidur biar rambut bisa bernafas

Untuk  lebih mengenal lebih dalam lagi produk Natur, silakan, ikuti sosial media Natur berikut ini :

Facebook: Back To Natur
Instagram: @backtonatur
Twitter : @backtonatur
Website :  http://www.natur.co.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *