NATUR HAIR SERIES RAWAT DAN JAGA KESEHATAN RAMBUT BERHIJAB

Awal mengenal hukum menutup aurat sejak akhir SMP membuat saya berusaha mengenakan hijab saat keluar rumah. Lambat laun bahkan saat di rumah sejak saya mengerti arti surat An-Nuur ayat 33, jika ada non mukhrim membuat saya juga akhirnya berusaha tetap berhijab meskipun di dalam rumah. Seperti hukum law of repetation, sehingga lambat laun saya terbiasa mengenakannya tanpa merasa berat ataupun merasa terganggu.

Alhamdulillah, saat itu saya tinggal di kota Blitar yang suhu udaranya relative dingin. Berhijab sepanjang hari-pun tak membuat saya tersiksa karena tak kepanasan. Gak tahu deh, jika saya mengawali itu semua di Jakarta. Dengan rumah tanpa AC, dan harus serumah dengan non mukhrim, hijab di kepala dipake terus sepanjang hari, panas gerah dan lembab. Hihihi…ini pengalaman saat harus serumah dengan ipar laki-laki, dan kami menyatu di pondok mertua indah lebih dari tiga tahun.

Nah, ngomong-ngomong tentang hijab yang dipakai sepanjang waktu dan efeknya terhadap kesehatan rambut bagaimana? Tentu bermasalah dong, apalagi saat pengantin baru, harus sering keramas. Saat itu saya belum punya hair dryer, masih tinggal serumah dengan ipar lelaki, dan kemerdekaan buat melepas hijab hanya di dalam kamar sempit, hingga seringkali rambut masih basah harus segera saya bungkus jilbab buat beraktivitas di dalam rumah. Belum lagi rambut jarang diangin-anginkan saat keringatan dengan udara panas Jakarta, nah kalau akhirnya rambut saya lepek bahkan berbau apek tentu tak salah dong.

Nah beberapa teman yang mulai berhijab ternyata mengeluhkan beberapa masalah rambut berikut ini :

  1. Lepek
  2. Berketombe
  3. Rambut berbau apek
  4. Rambut bercabang
  5. Rambut Rontok

Kalau boleh jujur, saya nyaris pernah mengalami semua masalah rambut yang saya sebutkan tadi, bahkan sekarang bertambah dengan permasalah uban. Hahaha… kalau ini mah karena faktr “U” yang tidak bisa dihindari, meskipun belum banyak banget, uban satu hingga dua helai sudah menghiasi mahkota rambut saya.

Meskipun saat ini belum terfikirkan untuk mewarnai rambut untuk menutup uban, karena kita tak disunnahkan mencabut uban. Nah  sejak ikut blogger gathering bersama Blogger Muslimah dan Natur series untuk perawatan rambut, membuat saya tak ragu  mewarnai rambut saya dengan cat rambut aneka rupa kecuali warna hitam tentunya karena tak haram. Insha Allah mewarnai rambutnya kelak lho… Hihihi bukan sekarang. Pengen tetap tampil cantik di depan suami, dengan rambut diwarnai mengapa tidak? Sebab, produk natur series ternyata ikut merawat rambut yang diwarnai juga.

Bagi para jilbaber atau hijaber, kadang merasa tak perlu merawat rambutnya dengan seksama, seringnya pemakaian hijab sepanjang waktu hariannya membuatnya abai merawat rambutnya. Malas menyisir rambut bisa menjadi awal dari masalah rambut lepek, belum lagi kalau berujung jadi malas keramas dan malas yang lainnya. Apalagi jika rambutnya panjang dan harus sering kali diikat agar tidak gerah. Hahaha…bisa jadi kayak anak-anak di Tengger yang berambut gimbal.

Terburu-buru saat keramas, membuat rambut belum bersih dibilas dari sisa shampo sehingga kulit kepala berketombe. Meskipun bisa jadi ketombe merupakan awal dari alergi, ataupun bentuk protes tubuh atas stress ternyata juga dipicu oleh zat tak alami yang dipakai di produk perawatan rambut.

Parahnya jika rambut rusak karena kepanasan, rambut bisa gampang patah dan bercabang. Shampoo anti ketombe yang saya pakai ternyata rata-rata tak mengandung conditioner, bahkan bagi rambut berketombe di beberapa produk perawatan rambut tidak disarankan memakai conditioner, jadi jangan salah kalau rambut saya agak susah diatur yang kadang berujung rontok.

Bertempat di warung kekinian Akademie Café di kawasan Bendungan Hilir Jakarta Pusat, anggota Blogger Muslimah dan tim Natur produk perawatan rambut mengadakan blogger gathering. Acara diawali dengan sharing season dari Brand Executive Manager Mbak Sarah dan Iecha dari Blogger Muslimah, dan disela-sela acara ada demo merias wajah dari Khansa MUA untuk wajah tampil cantik dan segar tanpa menor.

Mbak Sarah sempat mengangkat diskusi tentang kerontokan rambut, kerotokan rambut sebenarnya hal yang normal terjadi tiap hari-nya. Namun jika jumlahnya berlebihan maka harus segera disiasati agar kerontokan rambut tidak semakin banyak dengan cara kita harus mengetahui penyebab apa yang mengakibatkan kerontokan rambut.

Beberapa penyebab kerontokan rambut diantaranya adalah:

  1. Faktor dari luar rambut diantaranya bila dilakukan pengubahan gaya rambut dengan menggunakan bahan kimia. Misalnya diluruskan, dikeriting bahkan diwarnai. Paparan bahan kimia, sengatan matahari, polusi udara bahkan polusi di sekeliling kita akan berdampak pada kerusakan pada rambut.
  2. Faktor dalam rambut sendiri adalah karena adanya faktor gen, keturunan, hormon, stres dan penyakit yang mungkin diderita seseorang bisa menyebabkan rambut menjadi rontok.

Untuk memenuhi kebutuhan pada berbagai masalah kerontokan rambut maka Natur Hair Care terus menerus berinovasi mengembangkan konsep alami menjadi produk modern berbahan alami dan tentunya aman jika digunakan.

Nah ini ada beberapa produk dari Natur Hair Care : Natural Extract Shampo, Hair Mist, Conditioner – Hair Mask, Natural Extrac Hair Tonic dan Hair Serum.

Alhamdulillah blogger gathering yang diadakan blogger muslimah dan natur telah membuka cakrawala saya dalam perawatan rambut. Jika dulu saya waktu di kampung harus rela menanam lidah buaya untuk menjaga kesuburan rambut, atau kalau perlu menggunakan abu merang (daun padi kering), kini semua