NASI BAKAR DAN PENYETAN NUGGET AYAM SO GOOD PENGOBAT KANGEN JAWA TIMUR

View this post on Instagram

Kali ini saya berinovasi menggunakan frozen food untuk membuat penyetan. Ya, saya menggunakan produk dari @sogoodid berupa premium chicken nugget, yang kandungan ayamnya lebih banyak dibanding varian lain. Jika bikin penyetan premium chicken nugget @sogoodid , maka saya berupaya mengolah menjadi nasi bakar juga, sebagai produk turunannya. Nasi bakar ini, juga praktis dibawa sebagai bekal perjalanan. Selain nikmat, juga tahan lama tak gampang basi. Pengen tahu cara buatnya, bolehlah berkunjung ke sini. https://gesangsari.com/nasi-bakar-dan-penyetan-nugget-ayam-so-good-pengobat-kangen-jawa-timur/ #sogood #premiumchickennuggetsogood #nuggetayam #frozenfood #masakan #kreasimasakansogood #Penyetan #makanankhasjawatimuran #bloggerperempuan #masakanrumahan #kreasiolahansogood #cooking #lovecooking #foodgram #food #makananbergizi #kreasimasaksogood #premiumchickennuggetsogood #sogood

A post shared by Gesang Sari Mawarni (@gesangsari) on

Jika Anda diharuskan menyebutkan nama makanan khas Jawa Timur, kira-kira makanan apa yang akan Anda sebutkan? Saya yakin, makanan berbentuk penyetan akan masuk dalam list yang Anda buat.

Seperti halnya menu andalan di meja makan saya, tentulan penyetan adalah salah satunya hahaha… Halah… padahal di rumah saya, acara makan juga pakai lesehan alias nggelar, tikar di lantai, karena begitu mungilnya rumah.

Nah, yang namanya penyetan itu, makanan harus diolah dengan cara ditekan pakai ulekan di cobek yang di bahasa Jawa disebut ‘dipenyet’, hasil pekerjaannya dinamakan ‘penyetan’. Hihihi… sampai-sampai tak hanya lauk yang dipenyet, nasi pun sebaiknya ikut dipenyet agar rasanya juga menyatu.

Nah,kali ini saya ingin berbagi resep penyetan khas Jawa Timur andalan keluarga, bisa juga dipakai saat terburu-buru menyiapkan buka dan sahur saat Ramadhan. Oh ya, untuk bahan sambal penyetan memang merupakan simpanan wajib saya di kulkas.

Untuk kepraktisan tanpa melupakan kualitas, saya terbiasa juga menyimpan frozen food dalam frezzer. Untuk mempersiapkan menu buka dan sahur Ramadhan, saya siapkan juga 1 bungkus nugget ayam so good premium, yang kandungan ayamnya lebih banyak.

Bahan Sambal Penyetan:
10 butir cabe rawit
5 butir cabe merah
1 buah tomat ukuran besar
1 sdt terasi
3 butir bawang merah dan
2 butir bawang putih
garam dan gula jawa secukupnya
3 sdm minyak goreng

Bahan Pelengkap :
Timun, kemangi, selada, terong digoreng
Cara membuat sambal :
1. Kupas bawang merah dan putih, petik cabe dari gagangnya.
2. Cuci bersih, bawang, tomat, cabe dan semua sayuran pelengkap
3. Panaskan minyak goreng, goreng bawang, tomat, terasi, cabe hingga matang, lalu tiriskan
4. Siapkan cobek, ulek bahan sambal hingga halus

Sementara itu, panaskan minyak goreng 200 ml di atas penggorengan. Masukkan nugget dan goreng hingga matang dengan api sedang. Jangan lupa membaliknya agar tidak gosong. Angkat dari penggorengan jika sudah matang, dan tiriskan.

Sementara nugget masih hangat, silakan penyet di dalam sambal yang masih berada di atas cobek. Penyetan ini bisa dinikmati bersama terong goreng, juga beberapa sayuran segar seperti mentimun, kacang panjang, selada, kol maupun kemangi. Nikmati hidangan ini bersama nasi putih hangat ataupun nasi gurih/ nasi uduk.

Hati-hati kalau lagi diet, dijamin Anda akan tergoda untuk melakukan diet besok saja.
Sementara itu, jika hidangan Anda di atas berlebih, jangan khawatir Anda bisa membuat turunan jenis makanan berat lainnya, yaitu dibuat nasi bakar.

View this post on Instagram

Hayo sebutkan salah satu makanan khas Jawa Timur. Saya yakin, jawaban Anda salah satunya adalah Penyetan. Kali ini saya berinovasi menggunakan frozen food untuk membuat penyetan. Ya, saya menggunakan produk dari @sogoodid berupa premium chicken nugget, yang kandungan ayamnya lebih banyak dibanding varian lain. Pengen tahu cara buatnya, bolehlah berkunjung ke sini. https://gesangsari.com/nasi-bakar-dan-penyetan-nugget-ayam-so-good-pengobat-kangen-jawa-timur/ #sogood #premiumchickennuggetsogood #nuggetayam #frozenfood #masakan #kreasimasakansogood #Penyetan #makanankhasjawatimuran #bloggerperempuan #masakanrumahan #kreasiolahansogood #cooking #lovecooking #foodgram #food #makananbergizi

A post shared by Gesang Sari Mawarni (@gesangsari) on

Seperti saya ungkapkan sebelumnya, bahwa nasi hangat jika ikut dibikin penyetan, rasanya juga nikmat. Apalagi jika nasi yang dibuat dari beras pulen. Saya biasanya mengulek nasi dan sambal menyatu, jika sudah tercampur saya tambahi penyetan nugget, lalu saya campur petikan daun kemangi. Terakhir dibungkus daun pisang dan dibakar di atas panggangan.

Hidangan nasi bakar nugget ayam so good ini ini bisa dinikmati dengan mentimun ataupun daun selada dan kerupuk. Hmmm…sedap, saya yakin, Anda akan ketagihan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *